Tanda berhenti

Memblokir Tribun

Artikel ini hasil tulis ulang dari berkas README.adoc pada https://gitlab.com/rmdzn/blokirtribun dengan sedikit suntingan.

Blokirtribun adalah kumpulan domain laman utama Tribun dan saudara-saudaranya yang ditulis dalam format hosts dan ditujukan untuk memblokir semua akses ke domain-domain tersebut melalui komputer kita. Berkas hosts ini dapat diterapkan di sistem operasi GNU/Linux, Windows, maupun macOS (caranya bisa dilihat di bawah).

Apa salah Tribun?

Media massa sudah seharusnya mencerdaskan. Menampilkan segala berita dan informasi sejernih-jernihnya kepada masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Tribun cetak merupakan salah satu contoh baik mengenai hal tersebut, tetapi Tribun daring justru menjadi media yang berbeda 180 derajat hingga tak cukup layak disebut sebagai “produk jurnalisme”.

Selama ini, Tribun daring hanya mengunggulkan konten fantastis nirfaedah dengan judul-judul berunsur umpan klik. Penerbitan konten daring yang sangat mudah dibandingkan konten cetak menjadi senjata pamungkas mereka untuk berprinsip terbitkan dahulu, koreksi kemudian, tak sesuai dengan praktik jurnalisme yang selama ini umum diketahui masyarakat bahwa media massa harus memverifikasi dan mengklarifikasi sumber berita dari manapun sebelum ia ditulis dan diterbitkan.

Beberapa contoh buruknya pemberitaan Tribun:

  1. Kasus pemerkosaan remaja 16 tahun. Ref @JennyJusuf
  2. Kasus bunuh diri Anthony Bourdain. Ref @wisnu_prasetya
  3. Asal menyebutkan sebuah akun Twitter pengulas film sebagai akun sutradara kenamaan. Ref @jokoanwar
  4. Asal berasumsi tentang pendapatan akun YouTube (ini tidak viral). Ref: /r/indonesia
  5. Menyebarkan hoaks terkait mole people. Ref: Kaskus. Mereka sudah menuliskan “berita klarifikasinya” di sini, tetapi tak ada permintaan maaf.
  6. Berita nirfaedah merusak akal sehat. Ref: Tribunnews

Referensi lain dapat dibaca di artikel Bagaimana Tribunnews Membantu Terorisme? oleh Muhamad Heychael dari Remotivi, artikel Soal Perdebatan antara Remotivi dengan Tribunnews oleh Avicenna Raksa Santana di Kumparan, dan artikel di Geotimes berjudul Puncak Kesadaran Digital Kompas-Gramedia Adalah Media Sekelas Tribunnews oleh Iqbal Aji Daryono.

Mengapa hanya fokus pada Tribun?

Diakui, hampir semua portal berita melakukan praktik umpan klik (lihat @ClickUnbait), tetapi Tribun ini luar biasa nggilani (lihat daftar di atas). Tak hanya karena pemberitaannya, tanggapan pemimpin redaksi Tribunnews atas artikel Remotivi penuh dengan saltik (sekarang sudah diperbaiki) dan terlalu membela diri, tanpa introspeksi.

Mengapa menggunakan berkas ‘hosts’?

Sebenarnya kita dapat memanfaatkan perkakas seperti dnsmasq untuk langsung memblokir tribunnews.com beserta subdomain-nya. Sayangnya itu diperlukan teknis yang lebih detail, dengan berkas hosts pengguna komputer kasual pun dapat langsung menerapkannya dengan sangat mudah.

Cara menggunakan blokirtribun

Terlebih dahulu, unduh melalui https://gitlab.com/rmdzn/blokirtribun/-/archive/master/blokirtribun-master.zip. Lalu ekstrak.

1. Windows

Klik kanan Notepad, pilih Run as Administrator. Salin (copy) isi blokirtribun dan tempelkan (paste) ke berkas C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts.

2. GNU/Linux

Salin tempelkan (copas) isi blokirtribun ke /etc/hosts.

3. macOS

Salin tempelkan (copas) isi blokirtribun ke /private/etc/hosts.

Jika Tribun belum terblokir, Anda perlu memulai ulang koneksi internet (disconnect lalu connect lagi).

Kontribusi

Ada domain Tribun yang belum saya masukkan? Berikan komentar di bawah ini atau kirim ke surel ramdziana at protonmail dot com.

Demo ketika Tribun terblokir

6 pemikiran pada “Memblokir Tribun

  1. Gara2 kesel ama situs itu + sodaranya kmps, akhirnya saya mampir kemari. Gmn ga kesel, setiap browsing apapun, di halaman 1 hampir dipenuhi 2 situs tsb.

    Emang bener, judul, artikel, + iklannya nggilani. Ditambah lagi, 300 kata bisa dijadiin 5 halaman Next.. Next.. 😦

    Sayangnya uBlacklist baru busa utk PC & belum tersedia di ponsel. AFAIK, CMIIW

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s