[Update] Situs Menyeramkan Ini Pamerkan Data Pribadi Kita, Hati-Hati!

Privasi itu penting, apalagi di era digital ini di mana orang dengan mudah melanggar privasi orang lain maupun menyerahkan data pribadi mereka secara “sukarela” kepada orang lain.

Awal tahun ini, orang-orang di Amerika sono heboh dengan situs FamilyTreeNow.com, situs untuk melacak silsilah keluarga dengan hanya memasukkan nama depan, nama belakang, dan negara bagian. Situs ini juga menyediakan fitur untuk ikut berkontribusi, dengan cara mengisi data supaya kelak ada keluarga yang menemukan kita berdasarkan nama depan dan nama belakang kita. Menakuuuutkaaaann …​ Lebih menakutkan lagi, hal ini bukanlah tindakan ilegal.[1]

Ooh itu hanya di Amerika kok, di Indonesia berarti aman.

Benar, kita aman dari situs tersebut tetapi secara bersamaan kita ternyata tidak aman dari situs lain yang bertingkah serupa.

Situs lain tersebut saya temukan saat iseng-iseng mencari nama saya di Google. Saya langsung kaget, ternyata di situ ada nama saya, alamat, beserta nomor telepon/HP. Sebenarnya data pribadi saya yang ada di situs ini cukup aman, karena nama dan alamat saya tidak cukup lengkap. Tapi, banyak data orang lain sangat lengkap muncul, dari nama hingga alamat (nomor rumah, jalan, kecamatan, kabupaten, dst) di laman ini.

Lebih seramnya, nama belakang berupa tautan ke laman yang menunjukkan daftar nama orang dengan nama belakang sama. Misalnya, nama belakang saya “Yustitianto”, nama ini bisa diklik menuju laman yang berisi daftar orang dengan nama “Yustitianto”. Bagi orang yang menerapkan nama keluarga, fitur ini sangat menyeramkan.

Situs yang saya maksud adalah www.locatefamily.com.

LocateFamily.com
Situs LocateFamily.com

Bagaimana LocateFamily.com mendapatkan data saya?

Menurut saya data-data ini diambil dari hasil grab atau scrap situs atau layanan lain. Dari pola nama dan alamat yang muncul, khusus untuk data saya sepertinya diambil dari whois domain yang saya beli.

Cara hapus data dari LocateFamily.com

Sebelumnya, pastikan nama kita muncul di situs ini dengan cara mencari data kita dengan kata kunci “locatefamily.com nama kita” di Google (DuckDuckGo tak melakukannya dengan baik sehingga saya sarankan kamu pakai Google — maaf). Atau cari langsung lewat situs locatefamily.com.

Beruntung, seperti FamilyTreeNow.com yang menyediakan fitur optout, LocateFamily.com juga menyediakan laman khusus yang mengijinkan kita menghapus data kita dari situs tersebut. Laman ini ada di www.locatefamily.com/removal.html.

Untuk menghapus data silakan isi nama dan nomor telepon/HP (syarat yang menyebalkan, tapi demi data yang terhapus kita perlu melakukannya). Masukkan posel (email), URL atau tautan yang menampilkan data kita, masukkan nomor urut data kita di tautan tersebut, dan centang pada “Check here to be notified when LocateFamily.com is updated” untuk mengetahui jika data kita sudah terhapus atau muncul lagi akibat situs galat. Kemudian Submit.

Saya sedang mengirimkan permintaan penghapusan data pribadi saya. Bila sudah terhapus, saya akan mengabarkan lagi via artikel ini.

Update (27/4):

Beberapa menit sebelum saya menulis artikel ini, saya meminta mereka untuk menghapus data saya lewat laman removal. Mereka berjanji menghapusnya dalam waktu 24 sampai 48 jam.

Jam 23.00 WIB malam kemarin (26/4), data saya sudah terhapus sepenuhnya.

Sebagai catatan, jika data kita masih terlihat di hasil pencarian Google, itu normal, mengingat Google masih menyimpan cache laman locatefamily.com yang menampilkan data kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s